3 April 2013

Salah satu dubber Indo
Apa kabar teman? Lama aku tidak bersua hehehe... maklum orang sibuk ^o^
Nah, saat ini aku mau share lagi info seputar dubber. Masih pada bingung, dubber dan dubbing itu seperti apa? Atau diantara teman, berniat untuk menjadi seorang dubber seperti photo diatas??? Lihat photo diatas? itu salah satu dubber kita teman namanya kak toro, dubbing Orochimaru di Naruto dan Narator di TV Champion (2 program itu yang paling aku suka hehe)


 Untuk itu, postingan kali ini, masih seputar dubber. Aku me re-post sebuah catatan dari Om Jo, yang pernah di post di facebook D&F (ayo siapa yang dah gabung di D&F?) Bagi teman yang benar - benar tertarik dengan dunia sulih suara, harap baca dengan seksama karena setiap info nya penting dan tentunya bermafaat.

DUBBER SEBAGAI SEBUAH PROFESI By Om Jo
 DUBBER SEBAGAI SEBUAH PROFESI
       Dubber  “adalah salah satu profesi, yang mulai di kenal masyarakat semenjak kurang lebih tahun ‘ 90-an ‘. Tepatnya pada masa industry pertelevisian Indonesia di banjiri oleh film-film produksi luar negeri, telenovela, kartun , Film , documenter dan lain sebagainya. Beberapa produksi film import tersebut , bahkan sempat popular dan di gandrungi oleh penonton. Hingga karya produksi dalam negeri mengalami penurunan drastic, film film tersebut misalnya, Kassandra, Maria Mercedes , Ular putih, dan lain sebagainya. Dampak positifnya adalah mulai bermunculan production house yang berkonsentrasi  di bidang sulih suara ( Dubbing ) hingga para pelaku pengisi suara ( Dubber ) bahkan pendidikan menjadi professional Dubber pun bermunculan, Tentu saja ’ DUBBER ‘ sudah dapat dijadikan alternative sebuah profesi.

BAGAIMANA MENJADI SEORANG DUBBER
         Ketika seseorang ingin menjadi seorang Dubber, hendaklah mengenal atau mempelajari seni peran, kenapa harus seni peran? Sebab dasar dasar elementer ‘ Dubber ‘ sangat dipengaruhi oleh kemampuan di bidang seni peran, misalnya: pernafasan, konsentrasi, intonasi dan lain sebagainya. Oleh sebab itu seseorang yang tertarik dan serius mempelajari ‘ dubber ‘ hendaklah menguasai dulu seni peran. 
SENI PERAN
        Seni peran atau yang lebih popular dengan istilah umumnya adalah ‘acting‘ adalah seni yang mempelajari karakter manusia dengan segala sifat dan kebiasaannya. Seni peran sendiri merupakan salah satu perangkat  yang menunjang keberlangsungan sebuah pertunjukan drama . Baik media panggung, film dan media lainnya (Radio). Oleh karenanya menguasai seni peran adalah mutlak bagi seorang dubber. 
DASAR SENI PERAN
Dasar dari seni peran terbagi menjadi
1. PERNAFASAN
          Pernafasan dalam seni peran menggunakan metode pernafasan perut atau pernafasan bayi. Alasan yang  mendasari pernafasan tersebut menjadi metode adalah di karenakan perut merupakan ruang dalam tubuh manusia yang memungkinkan menyimpan udara lebih banyak dibanding ruang ruang yang lainnya.
         Sementara dalam kebutuhan drama seorang pelaku /actor sangat membutuhkan penyimpanan udara yang memadai guna mengantipasi peristiwa dalam sebuah pertunjukan, contohnya ketika si actor harus mengucapkan sebuah kalimat panjang secara cepat , bila kondisi pernafasan tidak baik maka kalimat tersebut tidak dapat disampaikan sesuai esensi yang tertulis/ kurang optimal dikarenakan ada penggalan nafas atau dalam istilah pada drama “ suasana terputus “…oleh sebab itu penguasaan dasar pernafasan sangatlah menjadi kebutuhan penting seorang actor. 
Sistem Pernafasan Perut
        Ketika menghirup udara manusia pada umumnya melalui dua pintu masuk ,yaitu hidung dan mulut. Pada pernafasan perut, udara yang masuk harus melalui hidung sementara mulut dalam kondisi tertutup,nafas yang dihirup tadi langsung ditransfer ke perut. Secara fisik maka perut kita mengembung. Jadi apabila yang terjadi sebaliknya maka terjadi kesalahan dalam melakukan pernafasan perut tersebut, misalnya ketika menghirup udara yang terjadi ternyata perut  mengempes artinya udara tersebut berpusat di dada bukan di perut artinya pernafasan tersebut bukan pernafasan perut.
          Nah, selanjutnya ketika udara yang mengumpul di perut tadi biarkan bertahan beberapa waktu, kemudian kelurkan secara perlahan sekali, hingga udara dalam perut benar-benar habis, lakukan pengulangan secara intensitas setiap hari sampai terasa betul pernafasan perut menjadi kebutuhan sehari-hari.
Posisi Dalam Melakukan Teknik Pernafasan Perut
       Secara teknis proses latihan ini dapat dilakukan dengan beberapa posisi tetapi sangat disarankan untuk permulaan lebih baik dilakukan dalam posisi berdiri. Ketika hendak melakukan latihan hendaknya menggunakan pakaian yang tidak mengganggu seperti training ,kaos dan sejenisnya. Supaya tubuh kita tidak menggalami gangguan kecil,misalnya bila menggenakan celana jin maka akan terjadi beban beban yang seharusnya tidak perlu kita fikirkan,kesempitan atau keberatan. Pada saat melakukan pernafasan dengan posisi berdiri, lakukanlah di tempat yang menurut kita fresh, sehingga kita dapat merasa nyaman melakukan proses latihan.
        Sebelum mulai melakukan latihan pernafasan, cobalah menyempunakan posisi berdiri. Bertumpu dengan kedua kaki, dimana kaki kanan dan kiri sejajar menghadap depan kemudian berilah jarak yang ideal antara keduannya, setelah merasa nyaman , letakkan kedua tangan di samping tubuh kanan dan kiri dengan posisi tangan terbuka serta jari jari menghadap kebawah. Lantas wajah menghadap kedepan disejajarkan dengan kaki tegak lurus. Lakukan hal tersebut tanpa ketegangan didalam tubuh, lakukan secara alami.
        Jika sudah merasa rilex, mulailah mengatur nafas. Hiruplah udara sekuat-kuatnya lalu alirkan menuju perut hingga perut mengembung dan terasa tegang. Biarkan untuk beberapa saat kemudian keluarkan secara perlahan-lahan melalui mulut hingga perut mengempes. Lakukan lagi berkali kali hingga sempurna.        Melakukan dengan posisi duduk atau tidur sangat di sarankan apabila sudah dapat menguasai pernafasan secara benar sempurna. Latihan pernafasan ini sangat dianjurkan dilakukan setiap hari secara intensitas kurang lebih selama 30 menit.
2. KONSENTRASI
        Konsentrasi merupakan kebutuhan utama didalam seni peran, dengan menguasai konsentrasi maka kita dapat mengatur permainan yang kita inginkan, misalkan saja , mengekspresi wajah, gerak tangan, pengucapan dialog dan lain sebagainya.
        Konsentrasi mutlak dibutuhkan seorang dubber, sebab pada saat proses pengisian suara, seorang dubber harus membagi konsentrasinya ke tiga hal, pertama naskah yang di pegang, lipsing tokoh yang di perankan dan suara yang di dengar sebab pada detik yang sama dubber harus mengambil keputusan yang tepat agar dapat sesuai dengan yang di inginkan oleh film yang di dubbing atau keinginan Pengarah dialog khususnya.(PD:Pengarah dialog = Sutradara yang menangani proses dalam produksi sulih suara )
Melatih Konsentrasi
        Dalam melakukan proses latihan konsentrasi terlebih dahulu harus sudah menguasai pernafasan secara baik dan benar.Oleh sebab itu di sarankan agar menyelesaikan latihan pernafasan secara optimal.        Nah, setelah kita merasa sudah siap untuk melakukan latihan konsentrasi, maka posisi berdiri adalah posisi yang paling ideal untuk melakukan latihan tersebut. Seperti pada waktu melatih pernafasan perut, posisi dengan kedua telapak kaki menghadap kedepan dengan jarak yang cukup ideal di antara keduanya, kemudian kedua tangan di tempatkan disamping tubuh dengan jari jari tangan menghadap kebawah, lalu tegakkan kepala dengan pandangan kedepan sampai merasa ujung atas kepala dengan poros telapak kaki sejajar tegak lurus.
         Pandangan mata kedepan lalu atur pernafasan perut scara stabil, kemudian carilah di hadapan titik focus yang ada di hadapan kita. Lalu setelah kita mendapatkan focus, cobalah tetap bertahan dan tetap menstabilkan pernafasan.Apabila terjadi perkembangan fikiran cobalah secara perlahan di lepaskan dan kembali ke titik focus. Lakukan selama kurang lebih 30 menit setiap hari.         Latihan konsentrasi ini bisa dilakukan dimanapun dan dengan posisi apapun dengan catatan telah menguasai secara sempurna ketika melakukan dengan posisi berdiri.
Olah tubuh
     Mengolah kemampuan tubuh merupakan investasi bagi pelaku seni peran / dubber. Dalam istilah umumnya dikenal dengan “ Gestur “. Gestur sangat mempengaruhi segala aktifitas pelaku seni peran / dubber. Dengan penguasaan gesture yang baik, maka si actor/dubbe dapat memberlakukan tubuhnya sesuai dengan tuntutan pean/ situasi yang di hadapinya.
        Jadi pengolahan secara optimal tehadap tubuh pada dasarnya adalah melakukan kegiatan kegiatan yang membuat semua sendi-sendi tubuh menjadi rilex.seperti olah raga dan sejenisnya, pada item kali ini saya sengaja tidak mendetailkan mengenai bagaimana melakukan proses kegiatan olah tubuh secara terperinci , tetapi teman-teman dapat melihat atau membaca pada catatan saya dalam tema yang berbeda. 
Olah vocal
     Vocal bagian paling sensitive dalam dunia seni sandiwara, sebab apabila vocal tidak menunjang maka yang akan dirasakan oleh penonton adalah pertujukan tersebut kurang menarik. Maka vocal adalah corong tersampaikan nya isi dari sebuah pertunjukan , pengertian vocal dalam hal ini terbagi menjadi dua , power dan artikulasi, betapa hambarnya apabila seorang actor/aktris berdialog dengan power yang lemah dan artikulasi yang tidak jelas. Maka kebosanan menjadi awal kegelisahan penonton.
         Hal tersebut juga berlaku di dunia perdubingan, apabila seorang dubber memiliki power yang kurang , maka akan menghambat proses kerja misal: yang seharusnya operator studio hanya merekam akhirnya harus melakukan perubahan pada alat ( mixer ) agar dapat mengangkat power dubber tersebut, berikut juga operator mixing akan membutuhkan waktu khusus untuk menyamakan hasil rekaman vocal dubber tersebut dengan dubber yang lainnya. Jadi vocal sangatlah mutlak dimiliki oleh actor/dubber.
METODE DASAR LATIHAN VOKAL
         Metode dasar latihan vocal merupakan kelanjutan dari latihan pernafasan dan konsentrasi.
Pada saat memulai latihan vocal sebaiknya sudah menguasai pernafasan dan konsentasi yang sempuna, karena kedua elementer tersebut sangat mempengaruhi kelangsungan proses latihan vocal.
Contoh sedehana latihan vocal:

         Dengan posisi seperti latihan pernafasan, kita dapat memulai melakukan dasar pengaturan vocal, yaitu mengawali suara berbarengan dengan keluarnya udara dari mulut,..sebut saja huruf ‘A’...ketika menyebut huruf ‘A’ bukalah sedikit mulut seperti suara gemenggeng, biakan suara habis bersama habisnya udara yang dikeluarkan. Lakukan hal ini berulang-ulang dengan huruf vocal yang berbeda-beda sampai anda merasa sudah stabil dan intens melakukannya.        Nah, setelah huruf vocal selesai anda dapat meningkatkan nya dengan satu kata berulang ulang dan berbeda beda.Lakukan sesuai waktu yang anda punyai di setiap harinya. Pengembangan latihan vocal dapat anda kreasikan dengan bebagai cara sesuai keinginan anda.
Explorasi
Pengertian explorasi, adalah menggali / melakukan pencarian dengan menyatukan kedua kemampuan yaitu antara Imajinasi dan logika. Bebapa hal yang dapat kita lakukan untuk proses explorasi antara lain:
  • Bahasa tulisan. Mengenal bahasa tulisan dan memahami bentuk tulisan, ( Puisi, drama atau Narasi ), setiap tulisan mengandung arti yang berbeda , makanya sangatlah penting kita mengenal jenis dan bentuk tulisan tesebut sehingga kitapun tahu bagaimana menyampaikannya dengan bahasa lisan ( seni peran yang kita miliki )
  • Bahasa Lisan. Belajar mendengar dan memahami orang bebicara ( Pidato, dongeng , monolog atau ceramah ), mendengar orang lain adalah cara efektif untuk kita dapat memahami cara cara orang lain melakukan kemampuannya dalam seni peran, minimal kita bisa menirunya atau kita justru malah terpacu untuk lebih baik dai orang tersebut dalam memainkan peranan dalam dunia seni peran/ dubber.
  • Karakter / tokoh. Memasuki dan menyelami karakter oang lain. Dengan melakukan aktifitas ini kita dapat mengenal karakter yang berbeda-beda, sehingga hal ini menjadi investasi untuk peran-peran di kemudian hari di butuhkan/ kita mainkan. Otomatis kita tinggal membuka memori.
  • Interprestasi. Mencoba mengartikan karya orang lain ( teater, film, novel , dll ). Hal yang paling sulit dan jaang dilakukan oleh pelaku seni peran pemula adalah menjadi penonton yang baik terhadap kaya orang lain, padahal menonton merupakan sesuatu yang berharga untuk memperkaya batin, fikiran dan pengalaman yang jelas jelas ini mutlak dibutuhkan bagi para pelaku seni peran / dubber. Khusus dalam dunia dubbing/ sulih suara calon dubber wajib melihat proses kerja sulih suara.
          Setelah menguasai elementer, alangkah baiknya membuat karya sesuai dengan apa yang telah dialami dalam proses yang dialami dan di sesuaikan dengan kemampuan dan fasilitas yang dimiliki. Contoh (membuat sandiwara Radio, membuat Film, membuat petunjukan Drama atau terlibat dalam kegiatan seni drama dll). Gunanya adalah untuk dapat di nilai minimal oleh orang terdekat atau orang yang sudah pofesional, dengan begitu apabila nilai positif yang di dapat, maka dalam istilah umumnya sang calon tersebut sudah dapat “ TURUN GUNUNG “Setelah itu baru takdir yang menentukan . Silahkan mencoba . Terima kasih. Wassalam 

Nah, itu lah catatan pentingnya. Bagi teman yang kemarin sempat bertanya bagaimana supaya bisa menjadi seorang dubber, sebaiknya pahami catatan diatas kemudian pelajari caranya. Okay sekian dulu (^o^)/  


Source the note 
Taken from Dubbingandfriend
Post D&F Ringka Desu
Re-post by Andrianakudo


19 comments:

Muhammad Haekal mengatakan...

pengen bgt saya jadi dubber indonesia, itu caranya gmn yaa? harus casting juga ga?

Agustinadian Susanti mengatakan...

aku juga pengen jadi dubber hehe..
oya nice post. kalau boleh saran, icon welcomenya itu kalau bisa dipindah ke kanan biar enak baca postnya hehe

Fit's note mengatakan...

Bagaimanakah cara mendaftar utk jadi dubber ini? Di Jogja ada gak ya? Tq infonya

Anonim mengatakan...

Aq jg pngen bgt jd dubber untuk film kartun,daftarny gimana ya & di mana.. :-)

Desy Chibi mengatakan...

Iya, pgn bgt jdi dubber drama korea .. :D

miss via mengatakan...

aku juga pengen jadi dubbernya film kartun. coz aku suka banget fiollm kartun apalagi anime jepang.

Rizka Sentia Ika mengatakan...

saya juga pengen bangeet jadi dubbing, jadi dubber apaaan aja deh,pokoknya pengen banget, tapi caranya gimana ? harus ikutan casting atau gimana?

Anonim mengatakan...

Wahh thanks infonya ya kawan. Duhh pengen jadi seiyuu (dubber) anime nih hehehe... :D

viqie gresik mengatakan...

Ternyata susah jg yh... Tp pengen... Caranya gmn kak?

Wildan Abdilah mengatakan...

Saya pengen jadi dubber dakocan

Nindya Sari mengatakan...

InsyaAllah ga sesulit itu. Kalau kata Pak Toro yg penting sering latihan teknik dubbing aja yang benar, kalau sudah bisa lalu ada peluang datang siapa tahu bisa langsung dicasting... :)

gema ciputri mengatakan...

bagaimana cara menjadi seorang dubber?

Unknown mengatakan...

cita2 saya jadi seiyuu, ada komunitas nya atau apa gitu gak sih di jogja?? bagi info dan ilmunya dong kak. . makasihh... 😁

Elis Nurlaila mengatakan...

ada batasan umurnya gak ? untuk jadi seorang dubber?

fitriyah februari mengatakan...

pengen jadi pendubbing, kalo dibandung dmana ya ??? buat pendaftaran gmana T,T

story market mengatakan...

Cara daftarnya bagaimana dan ke mana? Di Jkt di mana? Tolong infonya ke email n4n4.d3l4@gmail.com

roku retomi mengatakan...

Pengen menjadi duber karakter kakek, raja yg bijaksana, antahonis jg oke....tapi gimana caranya ya.....

roku retomi mengatakan...

Pengen menjadi duber karakter kakek, raja yg bijaksana, antahonis jg oke....tapi gimana caranya ya.....

julijal pratama mengatakan...

Saya karakter anak kecil, kakek, anak muda

Jika sudah selesai membaca, Jangan lupa untuk meninggalkan jejak ya teman